Bisnis Rumahan yang Ringan

بسم الله الرحمن الرحيم

Untuk memulai sebuah usaha memang tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Jika telah memiliki keinginan, keyakinan dan rencana yang matang, maka segeralah bertindak untuk mewujudkannya. Dengan kreatifitas dan ketekunan, Anda bisa menyulap hobi, keterampilan atau bakat menjadi usaha rumahan yang insyaAllah bisa mendatangkan pemasukan uang bagi anda. Di dalam dunia entrepreneurship ada satu pedoman bahwa untuk memulai usaha tak selalu diperlukan modal besar. Modal besar bukan faktor utama, akan tetapi doa, kerja keras, ketekunan, jaringan dan tawakal itulah modal awal untuk merintis usaha. Sehingga usaha tersebut dapat terus berkembang.

Langkah awal memulai usaha rumahan tak beda jauh dengan bisnis pada umumnya. Hal pertama yang perlu ditentukan adalah jenis usaha, karena merupakan tahap yang sangat menentukan.

Berikut adalah hanya 10 ide bisnis rumahan dengan modal kecil yg mungkin cocok u/ Anda :
1. makanan ringan diwaktu luang
Siapa yang tidak suka makan gorengan? Makanan ringan satu ini banyak digemari hampir disemua kalangan. Berbagai macam ragam jenis gorengan yang telah popular dimasyarakat seperti ; tempe goreng, tahu isi, bakwan, ubi goreng, pisang goreng, tape goreng, dll. Dan jenis gorengan yang paling fenomenal yakni ayam goreng atau bakso goreng, prospek usaha gorengan mampu menjadi pemasukan bagi keluarga anda, kembangkan resep yang inovatif dan unik dari jenis gorengan yang telah ada, dan pasarkan di area-arean yg banyak terdapat orang berkumpul. Untuk modal awal bisnis gorengan ini mulai dari Rp 300.000, – Rp 600.000,.

2. macam-macan jajanan yang nikmat
Jajanani yang memiliki kekhasan dari resep anda yg cukup dikenal dan disukai dari anak-anak atau rekan-rekan anda yg pernah mencicipi. Misalnya seperti donat yg rasanya empuk dan manis yg disukai anak-anak, menu donat juga memiliki variant toping yang berwarna menarik. Mulai dari toping gula bubuk, coklat meses atau caramel, coklat kacang, ataupun keju yang menambah kelezatan kue satu ini. Harga donat cukup bervariasi mulai dari Rp 1000,. hingga Rp 5000,. Untuk pemasarannya produk jajanan ini tidak terlalu sulit, karena makanan ini telah memiliki pasar yang luas terutama ke area2 anak-anak. Anda bisa membuka gerai di depan rumah atau dititipkan ke warung makan, toko kue dan snack, bahkan di stock ke pasar, atau anda bisa memasarkan dalam event2 basar. Kembangkan resep anda dg inovatif dan unik dari jajanan yg ada dipasaran. Untuk modal awal bisnis jajana ini berkisar Rp 300.000, – Rp 600.000,.

3. Menjadi reseller produk
Menjadi reseller atau agen adalah salah satu alternatif bagi mereka yang ingin membuka usaha rumahan yang menguntungkan namun juga dengan modal kecil. Ataupun belum bisa menghasilkan produk sendiri. Kegiatan ini biasanya dilakukan para ibu rumah tangga dan dilakukan di sekitar rumah, saat ini dg pesatnya pengguna internet dan social network internet yg makin berkembang menjadi alternative memulai usaha ini dilakukan dg cara online. Selain itu usaha ini dpt Anda jalankan sesuai waktu yang dimiliki. Produk-produk yang dapat dijadikan peluang usaha rumahan ini diantaranya usaha jualan busana muslimah – buku2/kitab2 salaf – obat2an/herbal – perlengkapan kecantikan muslimah (u/ para akhwat yg telah menikah), aksesoris ahkwat. Mulailah dg bekerjasama dg mereka-mereka yg bisa anda pasarkan. Keuntungan yang diperoleh pun bervariatif, tergantung jenis produk yang dijual.

Al-Mumtaz sdg menggodok strategy reseller yg akan ditawarkan yg insyaAllah anda bisa bekerja sama dg kami u/ memulai usaha sendiri dg sekala kecil terlebih dahulu dan maksimal keuntungan ada pada anda sebagai pelaku usahanya)


4. Usaha kreatif pigura

Selalu ada yang menarik dari limbah kertas. Jika Anda seorang yang kreatif, maka sangat mudah untuk mendapatkan rupiah dengan berkreasi dari limbah kertas. Misalnya dengan membuat pigura karton dengan aneka macam corak warna dan ukuran. Dengan bahan utama kertas karton, berbagai macam pigura dari ukuran 2R hingga 10R dapat Anda hasilkan. Harga pigura karton ini berkisar mulai Rp 2000 hingga Rp 20.000,. (sesuai ukuran, jenis kayu yang digunakan, dan kerumitan model). Untuk pemasarannya Anda bisa membuka galeri sendiri di rumah, menyewa tempat yang strategis, menitipkan di toko buku, toko kado/pernik, atau di tempat pemesanan undangan. Jangan lupa untuk mencantumkan nama merek dan nomor kontak Anda di setiap pigura ataupun kemasannya.

5. Suplier menu makanan atau catering
Dengan memiliki keterampilan memasak anda bisa membuka bisnis rumahan, yaitu bisnis suplier menu makanan ke warung-warung atau juga catering. Gunakan resep-resep favorit keluarga atau resep yang sudah Anda kuasai pembuatannya dan mendapatkan jempol dr mereka-mereka yg pernah mencicipi. Jangan tergiur untuk membuat banyak resep, mulailah dengan 2-3 jenis dahulu. Tambahkan jenisnya jika penjualan mulai stabil. Anda bisa membuka gerai di depan rumah atau dititipkan ke warung makan, dan mulailah dr tetangga anda yg mengalami kesulitan waktu dlm menyediakan masakan u/ keluarga. Modal untuk bahan-bahan masakan Rp 300.000,. – Rp 600.000,.

6. Menyalurkan hobi dengan berbisnis aneka kue
Pilihlah jenis kue yang paling banyak diminati dan paling cocok dikonsumsi sehari-hari dan sesuai dg keahlian anda. Seperti brownies kukus, bolu, pastel, risoles, kue lapis, lumpia dll. Manfaatkan moment istimewa seperti bazar – lebaran – pertemuan ibu2 di lingkungan warga atau sekolah untuk pemasaran kue-kue tersebut. Untuk modal awal bisnis aneka kue ini mulai dari Rp 300.000, – Rp 600.000,.

7. aneka Kerajinan
Untuk membuka peluang usaha kerajinan, tidaklah membutuhkan modal yang besar. Yang dibutuhkan adalah ketrampilan, kreatif, continue dan mampu menghasilkan produk yang bervariasi dg menggunakan bahan2 yg mudah didapat disekitarnya. Produk paling mudah yang sering diproduksi diantaranya tas, taplak meja, bandana, peci, bros, mainan anak dll. Mulailah dg 3-5 kerajinan yg anda mahir membuatnya, dan pasarkan dg flyer2 atau event-event pameran/bazar. Keuntungan yang diperoleh pun bervariatif, tergantung jenis produk yang dijual.

8. Bisnis pulsa elektrik
Dewasa ini, isi ulang pulsa elektrik dapat ditemukan di manapun karena usaha ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Anda yang ingin menjalankan bisnis ini tidak memerlukan banyak tenaga, hanya dengan bermodalkan telepon genggam dan uang minimal Rp 100.000,. Anda sudah dapat memulainya. Konsumen perdana Anda dapat dimulai dari kalangan keluarga, teman, ataupun tetangga.

9. Jasa Pengetikan
Konsumen Anda dalam bisnis rumahan jasa pengetikan adalah yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengetik sendiri naskah atau tugas-tugasnya, maka Anda dapat mengambil peluang tersebut untuk menjadikan usaha yang menjanjikan. Yang harus Anda persiapkan dalam menjalani bisnis adalah komputer, printer, scanner dan juga waktu luang yang relatif banyak. Modal awal yang dibutuhkan berkisar Rp 8-Rp 9juta, namun jika Anda sudah memiliki komputer dan printer sebelumnya, maka dapat menekan pengeluaran biaya peralatan.

10. Wadah kotak
Wadah atau tempat yang sering digunakan untuk wadah kado, kue, perhiasan, hantaran pernikahan, hantaran lebaran dan sebagainya itu, sampai saat ini masih tinggi akan permintaan. Masa panen produk ini adalah ketika menjelang hari raya dan musim-musim pernikahan yang biasa digunakan sebagai tempat hantaran atau tempat souvenir. Jangan lupa untuk mencantumkan merek dan nomor telp atau alamat yang dapat dihubungi pada setiap produk kotak Anda. Kreatif, inovatif dan memiliki ciri khas, lekatkan pada produk kotak Anda, agar orang mudah mengenalinya. Pemasarannya dapat Anda titipkan ke toko-toko souvenir, kado, galeri, sering mengikuti pameran, ataupun dengan membuka toko sendiri di rumah.

Tentunya masih banyak peluang bisnis lainnya, yang dapat kita jadikan sebagai peluang bisnis rumahan yang menguntungkan. Meski dengan modal kecil, asal tetap kerja keras, tekun dan selalu berusaha untuk mengembangkannya, optimis bahwa usaha Anda akan berkembang pesat, dan JANGAN lupa berdoa – tawakal pada Allah Azza wa Jalla, istiqomah dg syariat-Nya yg dituntunkan oleh Rasul-Nya shallallahu’alaihi wa salam dalam usaha dan mencari masyiah. Mulailah dari hal-hal yang kecil yg anda menyukai dan mahir. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

Salam,
Al-Mumtaz
Blackberry online store

*********
* inspirasi dari tulisan di berbisnisrumahan.com dengan modifikasi.
* Al-Mumtaz is supported by Sentra Blackberry Store – Plaza Jambu Dua – Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: