6 elemen penting dalam wirausaha

Berikut adalah beberapa elemen terpenting dalam memulai ataupun menjalankan usaha


1. Sesuai syariat
Bewirausaha dg syar’i dan berusaha yg syar’i merupakan dasar utama, karena akan menimbulkan kepercayaan dan kenyamanan dari konsumen/pelanggan terlebih mendatangkan ridho dan pahala dr Allah Ta’ala dan keselamatan diri dan keluarga dunia akhirat.

2. Perencanaan dan Pelaksanaan dan peninjauan
Perencanaan, Pelaksaanaan, dan peninjauan merupakan hal yg saling berjalan, baik diawal dan diperjalanan usaha. Tinjaulah/telitilah rencana usaha anda terutama disisi produk & modal – target konsumen – kompetisi usaha – pemasaran usaha, kemudian jalankan rencana tersebut untuk mencapai tujuan usaha anda. Bila anda menemui hambatan atau kesulitan dalam perjalanan usaha maka rencanakan cara mengatasi hambatan atau kesulitan tersebut terutama disisi produk & modal – target konsumen – kompetisi usaha – pemasaran usaha, tinjaulah/telitilah rencana tersebut terhadap hambatan/kesulitan yg ada kemudian kerjakan rencana tersebut.
3. Menetapkan tujuan
Bersamaan dengan perencanaan adalah menetapkan tujuan. tetapkan tujuan dan lakukan usaha untuk mencapai tujuan usaha, hindari hanya “mengikuti aliran” dan berharap yang terbaik, tapi beradaptasi dan berinovasilah dalam menjalankan usaha.
4. Adaptasi
Setiap usaha, apapun jenisnya, selalu menghadapi tantangan dan persaingan yang ada. Diperlukan ketekatan & kemauan untuk beradaptasi dan mengatasi tantangan-tantangan ini dg menentukan langkah-langkah strategis (Perencanaan – Pelaksaanaan – Peninjauan) dalam beradaptasi dan dalam meningkatkan kualitas usaha dalam berkompetisi.
5. Inovasi
Bejalan bersama dg perubahan pasar dg mencari peluang darinya, fokus pada upaya untuk berinovasi dari perubahan pasar dan peningkatan kualitas usaha untuk menghindari pelanggan mencari pesaing yang menawarkan sesuatu yang tidak terpikirkan .
6. Memasarkan secara konstan
Memasarkan tidak hanya sekedar menjual atau mengiklankan sesuatu. Namun ini segala sesuatu yang dikerjakan dan dihadapi untuk pelanggan/calon pelanggan bisa mengerti – melihat – bahkan tertari dg kualitas dan kelebihan produk atau usaha anda. Setiap saat Anda harus memasarkan ini saat dlm mencari calon pelanggan atau menjaga pelanggan yg ada, berbicara dengan calon pelanggan/pelanggan, atau bahkan saat berbicara dengan supplier untuk bisa juga mengenal produk & usaha anda.

Mudah-mudahan yg tips elemen usaha yg ringan ini bisa bermanfaat dalam menyemarakan pengusaha muslim baru…

Salam
Al-Mumtaz ID

https://snowsball08.wordpress.com/al-mumtaz-blackberry-retailer-2/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: