Beberapa Penyebab Kegagalan dalam Usaha anda


Selain kesabaran – ketawakalan dan selalu berdoa pada Allah Ta’ala untuk kemudahan dalam usaha…
Penting bagi kita mengetahui apa saja yang menyebabkan kegagalan dalam menjalankan usaha dalam linkungan usaha dan pengusaha, dimana hal-hal ini sering diabaikan oleh para wirausaha yg memulai atau menjalankan usahanya.

1) Tidak tahu apa yang diinginkan/tidak tahu tujuan usahanya yang tepat.
Dalam bisnis tentu ada target-target tertentu yang harus dicapai dalam usahanya. Dengan tujuan yang pasti maka bisa dievaluasi letak kekurangan dan kelemahan selama operasional bisnis tersebut. Maka langkah pertama tentukan tujuan yang jelas.

2) Tidak mendukumentasikan tujuan, rencana, pelaksanaan usahanya
Penting bagi kita untuk mencatat apa-apa yang menjadi tujuan dan sasaran dalam bisnis kita, termasuk rencana dan pelaksanaannya. Sehebat apapun pikiran manusia tentu ada keterbatasannya. Selain itu dengan yang hanya di angan-angan lebih sulit untuk digambarkan.

3) Selalu mencari alasan mengenai kegagalan
Lebih mudah bagi kita untuk menyalahkan kompetisi dan keadaan daripada mencari kekurangan yg ada. Bisnis dan usaha mungkin dipengaruhi oleh keadaan dan lingkungan sekitar, tetapi menyalahkan kompetisi dan melarikan diri dari merupakan penyebab kegagalan. Maka tinjaulah – tinjaulah usaha anda, beradaptasi dan berinovasi dalam kompetisi usaha.

4) Action Action Action
Kebanyakan orang gagal hanya berhenti pada pikiran-pikiran dan rencana besar tetapi lupa mengerjakan hal-hal kecil yang sesungguhnya akan memiliki pengaruh besar tehadap kesuksesan dalam usahanya.

5) Membatasi diri atau kurang mengembangkan diri.
Merasa diri tidak mampu untuk sukses dan terlalu kecil untuk mencapai hal-hal yang besar. Biasanya orang merasa terlalu tua untuk melakukan sesuatu, atau terlalu muda untuk sukses, tidak punya modal untuk sukses. Kita adalah apa yang kita pikirkan tentang diri kita, kalau kita berfikir kita adalah pecundang maka kita akan benar-benar menjadi pecundang, tetapi jika kita berfikir bahwa kita adalah orang yang mampu untuk sukses maka itu adalah modal dasar untuk sukses.
Lingkungan bisnis juga merupakan sesuatu yang dinamis dan terus berkembang, jka tidak mau belajar dan beradapasi dengan lingkungan maka akan menuai kegagalan.

6) Selalu mencari Jalan Pintas dan malas.
Orang malas biasanya tidak mau bersusah payah dalam mencapai sesuatu, segala sesuatu ingin diperoleh dengan cara instans dan mudah. Jalan kesuksesan merupakan jalan berliku dan penuh tantangan. Maka tidak ada jalan pintas untuk sukses. Kesuksesan yang diperoleh dengan jalan pintas adalah semu dan tidak akan berumur panjang.

7) Berada pada lingkungan yang salah
Lingkungan dan teman adalah faktor yang cukup berpengaruh dalam cara kita berfikir dan melakukan tindakan, jika kita hidup dan bergaul dengan orang-orang yang mudah putus asa maka kita juga akan seperti itu. Maka hindarilah lingkungan yang tidak kondusif untuka menjalankan usaha anda.

8) Tidak bisa mengatur waktu dan prioritas
Dalam hidup kita ada beberapa hal yang memerlukan alokasi waktu dan penanganan bagi diri kita. Beberapa hal tersebut ada yang sifatnya mendesak dan penting, mendesak dan tidak penting, tidak mendesak dan penting, tidak mendesak dan tidak penting. Kebanyakan orang gagal selalu memberi porsi yang lebih untuk hal-hal yang sifatnya tidak mendesak dan tidak penting atau tidak penting dan tidak mendesak. Kedua hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mestinya dilakukan oleh orang sukses.
Idealnya adalah kita mengerjakan hal-hal yang penting dan tidak mendesak, mengerjakan pekerjaan ini adalah pekerjaan yang selalu dalam perencanaan matang, dan kita bisa memberi porsi lebih untuk melakukan pekerjaan yang mendesak dan penting dikarenakan kondisi-kondisi yg darurat dan di luar rencana yang perlu penanganan segera.

9) Salah strategi atau salah mengambil tindakan
Memilih strategi yag salah ibarat menaiki tangga yang bersandar pada dinding yang salah, sekeras apapun upaya kita menaiki tangga itu tetap tidak akan membuahkan sampai pada tujuan, karena tangga tidak disandarkan pada dinding yang benar. Hal ini sama dengan usaha/bisnis yang dijalankan dengan strategi yang tidak benar. Oleh karena itu tinjaulah dg teratur produk & modal, konsumen, pasar dan kompetisi dalam usaha/bisnis anda.

10) Mudah Putus asa
Kegagalan adalah hal yang wajar dalam dunia usaha, dan dalam hal apa saja. Yang terpenting adalah bagaimana bangkit dari kegagalan dan menemukan jalan keluar dari kegagalan tersebut dengan menganalisa penyebab kegagalan. Banyak orang sukses yang berawal dari kegagalan, tetapi tidak berhenti dan tetap tidak putus asa meraih kesuksesan. Dan seorang muslim tidaklah diperkenankan untuk berputus asa.

11) kurang membangun hubungan baik dengan orang lain.
Tidak ada orang sukses tanpa bantuan orang lain, apalagi dalam bisang usaha. Membangun hubungan dan relasi dengan setiap orang merupakan salah satu pintu memperoleh kesuksesan. Kalimat bijak mengatakan Satu Musuh Sudah terlalu Banyak, Seribu Kawan belumlah cukup. Maka kembangkan terus jalinan pertemanan dan relasi dalam menjalankan usaha anda. Tentulah hal ini menjadi lebih mudah bagi orang muslim karena tinggal meningkatkan untuk silahturahmi & mempererat ukhuwah.

Mudah-mudahan tips yg kecil ini berguna bagi wirausaha muslim terutama bagi pemula…

Salam
Al-Mumtaz ID

https://snowsball08.wordpress.com/al-mumtaz-blackberry-retailer-2/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: