Tips Menarik Minat Konsumen


1. Ketahuilah keinginan konsumen,
Pertanyaan dasar konsumen adalah produk yang sesuai kebutuhannya dan sesuai dana yg dimililki konsumen. Maka segmentasikan produk anda berdasarkan kriteria ini dg display singkat yg menarik sehingga konsumen yg melewati tempat usaha anda bisa melihat dg jelas dan bisa membedakan dengan sendirinya produk-produk anda, dimana hal ini akan menimbulkan rasa ingin berhenti dan bertanya kepada anda.

2. Penampilan yang menarik, santun, dan ramah,
Buatlah citra & penampilan tempat usaha anda yg bisa menciptakan ketertarikan dan keingintahuan konsumen yg melewati tempat usaha anda, dan juga jagalah penampilan, busana dan kesantunan anda dan para pegawai anda untuk mendukung citra tempat usaha dan produk anda dimata konsumen.

3. Sapalah konsumen dg santun dan ramah,
Sapalah konsumen dg ramah tanpa berlebihan/memaksa dalam menawarkan produk anda dg menjaga kesantunan, dan sampaikanlah dengan singkat dan jelas tentang produk yg anda tawarkan terhadap konsumen yg melewati tempat usaha anda.

4. Penjelasan pada konsumen atas produk,
Saat menerima konsumen maka berilah penjelasan dan pemahaman pada konsumen dengan detail dan jelas ttg produk anda, juga kelebihan “nyata” dari produk anda terhadap produk pesaing lainnya. Berikan penekanan yg lebih pada sisi kelebihan produk anda dg harga yg ada saat berkomunikasi/bernegosiasi dg konsumen dg jujur, dan ungkapkan juga kondisi pasar yg “nyata” berkaitan dg produk sejenis. Selebihnya, biarkan konsumen mengevaluasi dan menentukan pilihannya. Bisa jadi hal ini membawa calon konsumen lain dari konsumen ini ke tempat usaha anda.

5. Menghargai dan bersabar dengan konsumen,
Konsumen, pun yg prospek, maka anda harus “selalu” bersabar dalam menghadapinya dan menghargai setiap pertanyaan, tawaran ataupun sanggahan atas produk anda. Jangan menyanggah kembali atau berkelit tapi dg sabar mengarahkan konsumen pada point 4 diatas.

6. Gestur anda mempengaruhi konsumen,
Saat negosiasi terasa tak berjalan mulus, tersenyumlah, tetap ramalah, dan tetaplah fokus pada konsumen dengan kepercayaan anda bisa menjualnya sehingga menciptakan gestur tubuh yg positif yg mempengaruhi konsumen anda.

7. ucapan terima kasih,
Ucapan terima kasih yg ramah dan tidak berlebihan pada konsumen, bahkan yg tidak jadi melakukan pembelian pada produk anda, atas kunjungan dan tawarannya akan juga mempengaruhi konsumen untuk bisa kembali ke anda saat nanti, bahkan bisa jadi membawa calon konsumen lain untuk bisa ke tempat usaha anda.

akhir dari tips ini adalah tetaplah melakukan hal-hal diatas sesuai dg kaidah2 bermuamalah yg syar’i, dan selalu ingatlah bahwa anda hanya berusaha dan ketetapan rizki, dalam hal ini terjualnya produk anda, hanyalah semata-mata kuasa Allah Ta’ala, dan JANGANLAH sampai tertinggal ataupun meninggalkan kewajiban dlm dien ISLAM.

Salam
Al-Mumtaz ID

https://snowsball08.wordpress.com/al-mumtaz-blackberry-retailer-2/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: